Jumat, 18 Januari 2013


PEMERIKSAAN LAPORAN KEUANGAN


Pemeriksaan laporan akuntansi merupakan merupakan jenis pemeriksaan yang sering dilakukan oleh pemeriksa independen , hal ini disebabkan karena kepercayaan para pemeriksa laporan keuangan yang dikeluarkan oleh perusahaan. Agar informasi berguna untuk pengambilan keputusan, maka informasi harus memenuhi syarat . pleh karena itu pemeriksaan laporan keuangan harus dilakukan,sehingga pemakai laporan keuangan merasa lebih yakin akan kualitas laporan keuangan yang di keluarkan oleh perusahaan.

  • Manfaat pemeriksaan bersifat ekonomis
Pemeriksaan laporan keuangan memiliki manfaat yang sangat berguna untuk kedepannya selain untuk memperkecil kesalahan pencataan, maka berikut ini ada beberapa manfaat yang di hasilkan yaitu
  1. Meningkatkan efisiensi dan kejujuran dalam bekerja
Pemeriksaan oleh seorang akuntan dapat mengurangi keslahan kesalahan ,sehingga pengaruh manajemen dalam menyusun laporan keuangan berkurang. Misalnya penyalahgunaan aktiva dan penggelapan aktiva berukurang.
  1. Meningkatkan kdedibilitas perusahaaan
Bagi perusahaan perusahaan kecil pemeriksaan laporan keuangan bermanfaat untu meningkatkan kredibiltas atau semakin dipercaya oleh investor maupun kreditor.
  1. Meningkatkan efisiensi atas operasional perusahaan
  2. Mendorong efisiensi pasal modal
Dalam melaksanakan tanggung jawabnya menejemen diwajibkan untuk membuat struktur pengendalian internal yang mampu menjaga aktiva dan menjamin menyususn laporan keuangan yang dapat di percaya. Criteria yang harus dipenuhi oleh menejemn adalah prinsinp akuntasi yang lazim serta memenuhi norma pemeriksaan akuntansi.

  • Laporan pemeriksaan akuntansi
Laporan akuntan dalam bentuk pendek berupa :
  1. Pernyataan pendapat akuntan
Di bagian ini akuntanmenyebutkan jenis laporan keungan yang di periksa dan bagaimana cara pemeriksaannya serta pendapat akuntan terhadap wajar atau tidak laporan tersebut.
  1. Laporan keuangan yang telah diperiksa oleh akuntan
Dibagian ini laporan keuangannya brupa neraca, lpoaran laba rugi ,laporan laba di tahan srta laporan perubahan posisi keuangan.
  1. Penjelasan laporan keuangan
Akuntan menyajikan penjelsan dan informasi yang tercantum dalam laporan keuangan
  • Tanggal laporan
  • Alamat
  • Alinia pemeriksaan
  • Aliniea pendapat
  • Tanda tangan akuntan

  • Kesalahan dan penyimpangan
Kesalahan adalah salah saji atau kealpaan dalam laporan keuangan yang tidak disengaja.para penagmbil keputusan berubah keputusannya.
Penyimpangan adalah salah saji atau penghapusan dalam laporan keuangan yang disengaja. Penyimpangan dalam laporan keuangan biasanya menyesatkan bagi pemakainya.
kriteria yang termasuk dalam penyimpangan :
  • Manipulasi catatan-catatan akuntansi atau dokumen pendukung yang menjadi sadar pembuatan laporan keuangan
  • Salah penyajian atau penghapusan yang sengaja atas transaksi-transaksi dan informasi penting lainnnya.
  • Salah penerapan prinsip-prinsip akuntansi terhadap jumlah,klasifikasi,cara penyajian,dan pengungkapan yang disengaja.

  • Keterbatasan pemeriksaan akuntansi
Pemeriksaan laporan keuangan yang sesuai dengan norma pemeriksaan akuntan memiliki keterbatasan , meliputi :
  • Adanya batasan yang bersifat ekonomis
Pemeriksaan yang dilakukan itu memerlukan biayaedan waktu yang cukup. Keterbatasan dalam biaya dan waktu menyebabkan kekurangan kuantitas yang diuji,sehingga menyebabkan dalam pemeriksaan dengan adanya resiko pemeriksaan.
  • Kolusi
Akuntan yang memeriksa biasanya tidak dapat menditeksi kolusi yang terjadi dalam perusahaan . penyimpangan penyimpangan yang terjadi bila terdapat kolusi di dalam perusahaan tidak dapat di diteksi oleh auditor.
  • Batasan dari kerangka kerja akuntansi
Kerangka kerja akuntansi tersususn dengan adanya batsan-batasan dalam menyususn laporan keuagan.

  • Riviuw pemeriksaan laporan akuntansi
  1. Penerimaan tugas pemeriksaan
  2. Perencaan pemeriksaan
  3. Pelaksanaan pemeriksaan
  4. Pelaporan hasil temuan


jadi pemeriksaan laporan keuangan perlu dilakuakan ,hal ini bertujuan agar tidak terjadi kesalahan dan keteledoran oleh seorang akuntan yang dibutuhkan nanti saat pelaporan. Hal ini disebabkan untuk meningkatkan kepercayaan para pemakai laporan keuagan yang dikeluarkan oleh perusahaan.




0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar