Defenisi Blog
Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.
Blog kemudian berkembang mencari bentuk sesuai dengan kemauan para pembuatnya atau para Blogger. Blog yang pada mulanya merupakan “catatan perjalanan� seseorang di Internet, yaitu link ke website yang dikunjungi dan dianggap menarik, kemudian menjadi jauh lebih menarik daripada sebuah daftar link. Hal ini disebabkan karena para Blogger biasanya juga tidak lupa menyematkan komentar-komentar “cerdas� mereka, pendapat-pendapat pribadi dan bahkan mengekspresikan sarkasme mereka pada link yang mereka buat.
Dari komentar-komentar tadi biasanya Blog kemudian menjadi jendela yang memungkinkan kita “mengintip� isi kepala dan kehidupan sehari-hari dari penciptanya. Blog adalah cara mudah untuk mengenal kepribadian seseorang Blogger. Topik-topik apa yang dia sukai dan tidak dia sukai, apa yang dia pikirkan terhadap link-link yang dia pilih, apa tanggapannya pada suatu isu. Seluruhnya biasanya tergambar jelas dari Blog-nya. Karena itu Blog bersifat sangat personal. Roger Yim, seorang kolumnis San Francisco Gate pada artikelnya di Februari 2001, menuliskan bahwa sebuah Blog adalah persilangan antara diary seseorang dan daftar link di Internet. Sedang Scott Rosenberg dalam kolomnya di majalah online Salon pada May 1999 menyimpulkan bahwa Blog berada pada batasan website yang lebih bernyawa daripada sekedar kumpulan link tapi kurang instrospektif dari sekedar sebuah diary yang disimpan di internet.
ketika kemudian Blog bahkan tidak lagi memuat link-link tapi hanya berupa tulisan tentang apa yang seorang Blogger pikirkan, rasakan, hingga apa yang dia lakukan sehari-hari. Blog kemudian juga menjadi Diary Online yang berada di Internet. Satu-satunya hal yang membedakan Blog dari Diary atau Jurnal yang biasa kita miliki adalah bahwa Blog dibuat untuk dibaca orang lain. Para Blogger dengan sengaja mendesain Blog-nya dan isinya untuk dinikmati orang lain.
Pada Perkembangannya sebuah Blog tidak lagi hanya menampilkan hal-hal yang bersifat pribadi saja, lebih dari itu saat ini para blogger memanfaatkan halaman blog mereka untuk menelurkan, menetaskan ide-ide kreatif mereka tentang suatu bidang yang disukainya, mengekspresikan diri, kreasi, karya dan kemampuan mereka lewat berbagai macam artikel dan tulisan yang diramu sedemikian rupa, mulai dari bidang yang sederhana seperti resep masakan sampai kepada hal-hal yang rumit seperti teknik-teknik pemrogaman sulit, Teknik hacking internet dan intranet, desain jaringan, robotic, nuklir dan sebagainya.
Riwayat Sejarah Blog
Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman What’s New pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Kalau kita masih ingat, Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape. Kemudian pada Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya Justin’s Home Page yang kemudian berubah menjadi Links from the Underground yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.
Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada diluar sana belumlah seberapa. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri.
Pada Agustus 1999 sebuah perusahaan Silicon Valley bernama Pyra Lab meluncurkan layanan Blogger.com yang memungkinkan siapapun dengan pengetahuan dasar tentang HTML dapat menciptakan Blog-nya sendiri secara online dan gratis. Walaupun sebelum itu (Juli 1999) layanan membuat Blog online dan gratis yaitu Pitas telah ada dan telah membuat Blogger bertambah hingga ratusan, tapi jumlah Blog tidak pernah bertambah banyak begitu rupa sehingga Blogger.com muncul di dunia per-blog-an. Blogger.com sendiri saat ini telah memiliki hingga 100.000 Blogger yang menggunakan layanan mereka dengan pertumbuhan jumlah sekitar 20% per bulan. Blogger.com dan Pitas tentu tidak sendirian, layanan pembuat blog online diberikan pula oleh Grouksoup, Edit this Page dan juga Velocinews.
Sejak saat itu Blog kian hari kian bertambah hingga makin sulit untuk mengikutinya. Eatonweb Portal adalah salah satu daftar Blog terlengkap yang kini ada diantara daftar Blog lainnya. Ribuan Blog kemudian bermunculan dan masing-masing memilih topik bahasannya sendiri, dimulai dari bagaimana menjadi orang tua yang baik, hobi menonton film, topik politik, kesehatan, sex, olahraga, buku komik dan macam-macam lagi. Bahkan Blogger ada Blog tentang barang-barang aneh yang dijual di situs lelang Ebay yang bernama Who Would By That?. Cameron Barret menulis pada Blog-nya essay berjudul Anatomy of a Weblog yang menerangkan tema dari Blog. “Blog seringkali sangat terfokus pada sebuah subjek unik yaitu sebuah topik dasar dan/atau sebuah konsep yang menyatukan tema-tema dalam Blog tersebut.� Secara sederhana topik sebuah Blog adalah daerah kekuasan si Blogger-nya tanpa ada editor atau boss yang ikut campur, tema segila apapun biasanya dapat kita temukan sejalan dengan makin bermunculannya Blog di Internet. Dan ya, ide itu telah terpikirkan, Blogger bahkan sekarang telah membuat Blog dari Blog, dan bahkan Blog dari Blog dari Blog.
Dari sedemikian banyak Blog yang ada, Blog-Blog yang menetapkan standar dari Blog dan terkenal sehingga memiliki penggemarnya sendiri diantaranya yang terkenal adalah 000webhost.com yang memberikan fasilitas webhosting gratis bagi para blogger diseluruh dunia dengan kapasitas penyimpanan sampai dengan 350 Mega dan transfer bandwith sampai dengan 100 Gigabyte, dilengkapi dengan fasilitas Cpanel, sub domain, email forwarding, database mysql, web Builder, php dll, lalu ada IZEA Perusahaan penyedia layanan Blog yang melakukan inovasi besar dalam publikasi dan komunitas blog. Melalui berbagai macam bentuk pelayanan termasuk didalamnya website SocialSpark untuk marketing halaman blog dan website Paid Blogging bagi layanan posting blog yang dibayar menjadikan IZEA sebagai leader dalam industri pemasaran media social ini karena layanan mereka karena memudahkan para blogger melakukan interaksi dalam komunitas blogger dunia. Lalu Blog milik Jorn Barger, Robot Wisdom yang disebut-sebut merupakan Blog terbesar dan paling berguna dimana dia setiap harinya menyodorkan sekian banyak link yang dibentuk dari ketertarikannya pada seni dan teknologi. Camworld adalah Blog populer milik Cameron Barret seorang Desainer Interaktif dimana dia mengkatagorikan topik-topik Blog-nya pada katagori, Random Thoughts, Web Design dan New Media. Camworld dapat disebut sebagai Blog klasik dalam arti Blog tersebut mengandung dosis tepat dari karakter dan opini pribadi dicampur dengan keselektifan pemilihan link-nya.
Blog terkenal lainnya diantaranya, “Obscure Store� http://www.obscurestore.com/ milik Jim Romenesko yang menyediakan link bertemakan berita dan gosip serta hal-hal kecil yang sedikit mengarah pada underground movement, Lawrence Lee juga setiap hari mengupdate Blog-nya, Tomalak’s Realm dengan link-link pada berita tentang Web Design dan Net Business. Memepool dengan pilihan koleksi link-nya yang unik disertai analisis cerdas juga digemari sebagai Blog yang istimewa. Kottke.org merupakan Blog menarik milik Jason Kottke seorang Web Designer yang tinggal di San Francisco, di Blog-nya dia menulis bahwa Blog-nya tersebut adalah caranya mengisi waktu luang untuk menyusun kembali tulisan-tulisan, desain-desain dan critical skill-nya. Tak lupa juga Blog milik Dave Winer, Scripting News, salah satu Blog pertama yang banyak memberikan link tentang pemrograman.
Tahap tahap pembuatan blog :
Membuat Email
Salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam membuat blog adalah anda memiliki alamat email yang masih aktif atau di gunakan. Jika anda belum mempunyai alamat email, silahkan daftar terlebih dahulu di gmail karena blogger adalah salah satu layanan dari Google maka ketika mendaftar ke blogger sebaiknya gunakan email gmail. Jika anda belum paham bagaimana cara membuat email, silahkan gunakan mesin pencari google untuk mencari panduannya.Daftar Blog di blogger
- Silahkan kunjungi situs http://www.blogger.com
- Setelah halaman pendaftaran terbuka, alihkan perhatian ke sebelah kanan atas, ubah bahasa ke Indonesia agar lebih mudah difahami. Silahkan langsung login dengan menggunakan username serta password gmail anda ( akun email anda bisa untuk login ke blogger).
- Klik tombol bertuliskan CIPTAKAN BLOG ANDA.
- Isilah nama judul blog serta alamat blog yang di inginkan. Ingat! dalam membuat alamat blog harus benar-benar serius karena itu permanen tidak dapat digantikan lagi (kecuali nanti ganti dengan custom domain). Jika alamat yang diinginkan ternyata tidak bisa digunakan, masukkan kembali alamat lain yang masih tersedia. Jika alamat blog yang diinginkan masih tersedia, silahkan klik anak panah bertuliskan LANJUTKAN.
- Silahkan pilih template yang anda sukai ( template ini nanti bisa diubah lagi kapan saja anda mau), kemudian klik LANJUTKAN.
- Akan ada tulisan “Blog Anda Sudah Jadi!”. Silahkan lanjutkan dengan klik tombol MULAI BLOGGING.
- Setelah masuk post editor, silahkan isi apa saja ( disarankan untuk langsung mengisi posting, biasanya jika tidak langsung posting akan terjaring robot anti spam milik blogger, dan blog anda akan di lock). Contoh : hello world. Klik Tombol PRATINJAU untuk melihat tampilan yang nanti akan muncul di blog, klik tombol TERBITKAN ENTRI jika posting anda mau dipublikasikan ke publik.
- Klik “Lihat Entri” untuk melihat blog anda.
- Selesai.
Etika Ngeblog tersebut antara lain:
1. Tulislah fakta
Tulisan yang akan anda posting akan di baca oleh khalayak (orang banyak), oleh sebab itu, tulislah artikel yang berisi informasi yang benar dan akurat (Kecuali blog yang bersifat pribadi), jangan hanya menulis artikel yang disukai oleh SE (search Engine).
2. Hargai Sumber Tulisan
Jika anda menulis sebuah artikel, dan artikel tersebut berasal dari situs lain, berilah alamat sumber untuk menghargai si pembuat tulisan tersebut. Atau mungkin suatu ketika anda sedang kehabisan ide untuk menulis sebuah artikel, namun anda memutuskan untuk membaca tulisan dari blog lain dan anda tertarik untuk menulis ulang diblog anda, jangan pernah lupa untuk mencantumkan sumber dari tulisan tersebut. Karena jika anda ingin di hargai orang lain, maka hargailah orang lain.
3. Koreksi Tulisan Anda
Rajin-rajinlah mengoreksi tulisan anda, baca ulang artikel anda sebelum mempublikasikannya ke publik. Dan jangan pernah malas untuk membaca kembali tulisan anda yang lampau untuk mengoreksi kesalahan ûkesalahan penulisan anda, bisa dari tanda baca, kosakata atau yang lainnya. Anda bisa belajar dari kesalahan anda di masa lampau.
4. Ketahui Batas Privasi
Jangan pernah mempublikasikan privasi diri sendiri dan orang lain, hargailah privasi diri sendiri dan juga milik orang lain.
5. Beri Informasi Identitas Diri Anda
Blog yang professional adalah blog yang tidak pernah takut untuk menunjukkan informasi tentang diri si penulis. Namun, jika anda takut jika blog anda di hack oleh orang lain, gunakan email lain untuk berinteraksi dengan pengunjung blog anda. Anda juga dapat memberikan akun jejaring social anda seperti facebook, twitter, dan lain-lain untuk berinteraksi dengan pengunjung blog anda.
Ingat! Bebas bukan berarti kita terbebas dari segala macam aturan yang ada, bebas adalah bebas berekspresi dan mengeluarkan pendapat. Karena peraturan itu di dibuat untuk ketertiban kita bersama. Sebagai blogger tentunya.
1. Tulislah fakta
Tulisan yang akan anda posting akan di baca oleh khalayak (orang banyak), oleh sebab itu, tulislah artikel yang berisi informasi yang benar dan akurat (Kecuali blog yang bersifat pribadi), jangan hanya menulis artikel yang disukai oleh SE (search Engine).
2. Hargai Sumber Tulisan
Jika anda menulis sebuah artikel, dan artikel tersebut berasal dari situs lain, berilah alamat sumber untuk menghargai si pembuat tulisan tersebut. Atau mungkin suatu ketika anda sedang kehabisan ide untuk menulis sebuah artikel, namun anda memutuskan untuk membaca tulisan dari blog lain dan anda tertarik untuk menulis ulang diblog anda, jangan pernah lupa untuk mencantumkan sumber dari tulisan tersebut. Karena jika anda ingin di hargai orang lain, maka hargailah orang lain.
3. Koreksi Tulisan Anda
Rajin-rajinlah mengoreksi tulisan anda, baca ulang artikel anda sebelum mempublikasikannya ke publik. Dan jangan pernah malas untuk membaca kembali tulisan anda yang lampau untuk mengoreksi kesalahan ûkesalahan penulisan anda, bisa dari tanda baca, kosakata atau yang lainnya. Anda bisa belajar dari kesalahan anda di masa lampau.
4. Ketahui Batas Privasi
Jangan pernah mempublikasikan privasi diri sendiri dan orang lain, hargailah privasi diri sendiri dan juga milik orang lain.
5. Beri Informasi Identitas Diri Anda
Blog yang professional adalah blog yang tidak pernah takut untuk menunjukkan informasi tentang diri si penulis. Namun, jika anda takut jika blog anda di hack oleh orang lain, gunakan email lain untuk berinteraksi dengan pengunjung blog anda. Anda juga dapat memberikan akun jejaring social anda seperti facebook, twitter, dan lain-lain untuk berinteraksi dengan pengunjung blog anda.
Ingat! Bebas bukan berarti kita terbebas dari segala macam aturan yang ada, bebas adalah bebas berekspresi dan mengeluarkan pendapat. Karena peraturan itu di dibuat untuk ketertiban kita bersama. Sebagai blogger tentunya.
0 komentar:
Posting Komentar